Perempuan Jawa menjadi salah satu simbol kecantikan perempuan Indonesia yang sudah dikenal sejak zaman dahulu.

Warna kulit yang kuning langsat dan terlihat bercahaya menjadi salah satu daya tarik kecantikan perempuan Indonesia, termasuk para perempuan di Jawa.

Sejak zaman dahulu, para perempuan Jawa telah melakukan upaya perawatan kulit secara tradisional yang dilakukan secara turun temurun.

Berbagai bahan alami digunakan untuk merawat kulit sehingga didapatkan kecantikan alami yang membuat wanita Indonesia dikenal dunia.

Ada beberapa bahan alami yang hingga saat ini masih dipertahankan untuk perawatan kulit perempuan di Jawa dan beberapa daerah lainnya di Indonesia. Beberapa bahan alami tersebut diantaranya adalah:

1. Beras kencur
Beras kencur telah dikenal sejak zaman dahulu untuk perawatan kulit perempuan Jawa. Bahan ini dikenal mampu mengencangkan kulit, menghaluskan dan membuat kulit terlihat lebih segar.

Pada penggunaannya, seringkali dicampur dengan bahan lain seperti kunyit. Kombinasi bahan-bahan alami tersebut dapat membuat kulit lebih sehat dan cantik secara alami.

Beras kencur yang dicampur kunyit juga bisa kita temukan dalam bentuk masker untuk menghilangkan jerawat dari kulit wajah. Mungkin di antara kamu masih ada yang menggunakan bahan alami ini untuk perawatan kulit.

Beberapa kosmetik modern tanah air, juga masih ada yang mempertahankan komposisi bahan-bahan tradisional tersebut sebagai symbol dari kecantikan perempuan Indonesia.

2. Serbuk bengkoang
Bahan pemutih lainnya yang mungkin pernah kamu coba adalah bengkoang. Ternyata bengkoang telah sejak lama digunakan masyarakat Indonesia termasuk perempuan Jawa dalam merawat kulit.

Bubuk bengkoang ini dibuat dari buah bengkoang yang dihaluskan dan dikeringkan. Selanjutnya serbuk yang sudah kering ini digunakan sebagai masker wajah.

Kamu mungkin masih ingat dengan aneka masker bengkoang yang berbentuk biji-biji kecil. Biasanya dihancurkan menggunakan air mawar lalu dijadikan sebagai masker untuk membuat kulit wajah yang lebih cerah dan putih.

Saat ini bahan ini masih banyak dijual di apotik-apotik dan toko kecantikan.

Kamu tetap bisa mendapatkan kecantikan alami perempuan Jawa dengan menggunakan bahan-bahan alami di atas untuk perawatan kulitmu.

Untuk perawatan memutihkan dan mencerahkan kulit seperti wanita jawa Anda bisa menggunakan Gluta Panacea.

Dan untuk perawatan bagian tubuh lainnya Anda bisa menggunakan Bikini boomz.