cara membuka usaha travel

Anda pasti pernah berfikiran untuk memiliki usaha sendiri kan? Tapi bingung mau membuka bisnis seperti apa? Kami sarankan anda membuka bisnis di bidang travel. Kenapapa kok harus travel? karena cara memebuka usaha travel terbilang cukup mudah untuk dilakoni.
Akan tetapi usaha travel terbilang cukup beresiko. Karena usaha atau bisnis tersebu bisadi bilang musiman. Karena tidak setiap hari anda akan mendapat customer atau pelanggan. Anda mungkin akan mengalami beberapa penurunan penghasilan di beberapa waktu.
Bisnis atau usaha travel akan ramai padasaat menjelang hari raya besar atau pada saat libur panjang sekolah. Untuk omset yang didapatkan dati membuka bisnis atau usaha travel ini terbilang cukup besar dan mengguntungkan. Asalkan anda pandai pandai memanage bisnis travel anda.
Bagi anda yang ingin mencoba melakoni bisnil yang beromset besar dan cukup beresiko, membuka usaha atau bisnis travel ini merupakan pilihan yang tepat. Berikut ini kami berikan beberapa tips dan cara membuka usaha travel yang dapat membantu anda :
1. Anda mendaftarkan diri sebagai sub agen dari travel-travel yang sudah berhasil dan melayani pendaftaran sub agen. Perusahaan tour and travel yang melayani pendaftaran secara gratis atau dengan biaya minimal dibawah 1 jutaan. Sebut saja Via Indonesia, Bee Holiday , Linata Travel, Bonita Tour, Aeroasia dan masih banyak lagi.
Masing-masing menawarkan kemudahan dan besaran biaya pendaftaran yang berbeda-beda. Syarat utamanya, Anda harus terhubung dengan jaringan internet. Memiliki rekening bank dan handphone (akan lebih baik lagi jika smartphone) sebagai sarana komunikasi dan promosi.

2. Setelah Anda dapat mendaftar sebagai sub agen dari salah satu travel tersebut, Anda akan diberikan sebuah halaman khusus bagi sub agent lengkap dengan username dan password -nya. Pada halaman tersebut biasanya Anda bisa melakukan cek harga tiket – booking tiket – dan print tiket. Pada tahap ini anda akan diberikan banyak pengarahan tentang tiket

3. berikutnya, buatlah nama usaha travel Anda (jika sudah mendapat ijin). Misalnya artistic Tour & Travel, Jaya Makmur Travel, Travelerlist, dan seterusnya. (Pelajari cara membuat nama usaha). Karena nama untuk usaha atau bisnis Anda sangat lah penting

4. Promosikan bisnis Anda, buatlah kartu nama, brosur, dan lain-lain. Pelajari tips marketing bisnis tour & travel baik secara online atau pun offline. Karena dengan anda memperbanyak media promosi atau marketing usaha travel anda akan semakin banyak dikenal oleh masyarakat.

5. Berikan service atau pelayanan terbaik kepada client Anda. Sembari berproses, pelajari juga cara memberikan layanan terbaik untuk setiap customer Anda. Dengan begitu customer atau client anda akan merasa puas danmerasa terlayani dengan baik oleh anda

6. Sambil berproses Anda harus terus belajar. Kesuksesan usaha Anda tergantung pada diri Anda sendiri. Seperti yang kami kemukakan diawal tulisan ini, produk bisnis travel sangat banyak. Pelajari semua cara dan peluang dalam bisnis atau usaha di bidang travel & tour ini.
Untuk sekala menengah kebawah, Anda juga dapat memulai dengan menjadi agen dari perusahaan travel lain dan membuka kantor sendiri. Biasanya dengan medaftarkan diri sebagai agen travel Anda akan diberikan panduan sistem, SOP, marketing brosur, kartu nama, pengurusan perijinan dan masih banyak lagi.

Nah itu tadi beberapa tips dan cara untuk anda yang baru pertama kali membuka usaha atau bisnis, terutama di bidang travel & tour. Semoga tips dan cara di atas dapat bermanfaat bagi anda yang hendak terjun di dunia bisnis travel & tour.