Pohon Rambutan Antalagi

Rambutan adalah tanaman tropis yang tergolong ke dalam Sapindaceae atau suku lerak-lerakan, berasal dari daratan Asia Tenggara. Rambutan berasal dari bentuk buahnya yang mempunyai kulit luar menyerupai rambut. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Indonesia, Malaysia, Filipina, Kamboja, Karibia , Amerika Tengah, India, Sri Lanka dan Thailand. Rambutan merupakan tanaman yang cocok pada suhu tropika hangat (suhu rata-rata 25 derajat Celsius), dengan tinggi dapat mencapai 8m namun biasanya tajuknya melebar hingga jari-jari 4m. Daun majemuk menyirip dengan anak daun 5 hingga 9, berbentuk bulat telur, dengan variasi tergantung umur, posisi pada pohon, dan ras lokal Jual Bibit Rambutan.

Pertumbuhan dipengaruhi oleh ketersediaan air. Setelah masa berbuah selesai, pohon rambutan akan merona (flushing) menghasilkan cabang dan daun baru. Tahap ini sangat jelas teramati dengan warna pohon yang hijau muda karena didominasi oleh daun muda. Pertumbuhan pohon rambutan akan berhenti ketika ketersediaan air terbatas dan tumbuhan beristirahat tumbuh. Warnanya hijau ketika masih muda, lalu berangsur kuning hingga merah ketika masak/ranum. Endokarp berwarna putih, menutupi “daging”. Bagian buah yang dimakan, “daging buah”, sebenarnya adalah salut biji atau aril,

yang bisa melekat kuat pada kulit terluar biji atau lepas (“rambutan ace”/ngelotok). Musimnya biasanya bersamaan dengan buah musiman lain, seperti durian dan mangga. Rambutan Antalagi merupakan sebagai varietas unggul, yang berasal dari daerah Sungai Andai, Kalimantan Selatan. Salah satu keunggulan rambutan ini produktivitas yang tinggi. Buahnya berbentuk bulat panjang, agak pipih, dan rambutnya agak pendek. Warna kulit buahnya kuning kehijauan, sedangkan rambutnya berwarna hijau kekuningan dengan ujung merah. Daging buah berwarna putih, ngelotok dengan kulit biji melekat, dan kering. Rasanya manis dan aromanya agak harum. Bijinya kecil berbentuk bulat panjang. Berat rata-rata per buah 42 g. Produksi pohon per tahun cukup tinggi, yaitu antara 4.000-5.000 buah atau antara 160-210 kg.