Taman Pintar Yogyakarta merupakan salah satu obyek wisata yang terkenal di Kota Jogja,  bahkan sudah menjadi ikon wisata di kota ini. Ketika kamu berkunjung ke Jogja, rasanya kurang lengkap kalau kamu tidak berkunjung ke tempat ini.

Taman Pintar Yogyakarta berlokasi di tengah-tengah Kota Jogja, yaitu di Jl.Panembahan Senopati No. 1-3 Yogyakarta, bersebelahan dengan Benteng Vredeburg. Pemerintah berharap agar taman yang diresmikan oleh Presiden RI ke-6, yakni Ir. Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2008 lalu  dapat menjadi wahana belajar bagi para siswa mulai dari pra sekolah hingga sekolah menengah dan membantu memperdalam materi-materi yang pernah didapatkan dari sekolah masing-masing.

Saat ini Taman Pintar Yogyakarta tidak hanya digunakan sebagai taman untuk memperdalam ilmu pelajaran, namun juga digunakan sebagai tempat rekreasi keluarga. Dengan kata lain, taman ini merupakan tempat wisata edukasi.

taman pintar yogyakarta

5 Zona Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Saat ini di Taman Pintar Yogyakarta terdapat 5 zona wisata. Masing-masing dari zona tersebut memiliki fungsi masing-masing. Adapun perinciannya adalah sebagai berikut:

1.Zona Playground

Zona Playground berfungsi sebagai ruang publik dan tempat penyambutan bagi para pengunjung Taman Pintar. Di zona ini telah disediakan beberapa alat peraga bagi anak-anak yang dapat di akses tanpa perlu membayar sedikitpun.

2.Gedung PAUD Barat dan juga Gedung PAUD Timur

Zona ini difasilitasi dengan beberapa alat peraga dan permainan edukasi bagi anak-anak, khususnya yang masih duduk di kelas pra TK sampai kelas TK.

3.Gedung Oval Kotak

Zona ini difasilitasi dengan berbagai alat peraga berbasis ilmu pengetahuan Sains yang dikemas sedemikian rupa agar terasa menyenangkan dan mengasyikkan. Di zona ini juga dapat diperagakan oleh pengunjung dan dapat di akses oleh seluruh pengunjung.

 

4.Gedung Memorabilia

Zona ini berisi alat peraga yang menceritakan tentang sejarah-sejarah Negara Indonesia, seperti sejarah mengenai Kesultanan Yogyakarta, tokoh tokoh pendidikan, hingga tokoh-tokoh presiden RI sampai yang sekarang ini.

5.Gedung Planetarium

Zona ini merupakan zona yang paling banyak menarik perhatian para pengunjung Taman Pintar. Pasalnya, zona ini berisikan alat-alat peraga tentang tata surya dan antariksa, termasuk pemutaran film tentang masalah ini.

Demikianlah 5 zona yang terdapat di Taman Pintar Yogyakarta ini. Jika kamu berkunjung ke sana, pastikan kamu mengunjungi satu per satu zona yang ada di dalamnya agar dapat belajar dan berlibur di taman ini.

Biaya Wisata Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar Yogyakarta dibuka untuk umum dari hari selasa sampai minggu, mulai pukul 09.00 hingga 16.00 Wib. Biaya tiket masuk ke kawasan Taman Pintar Yogyakarta adalah 10.000 rupiah untuk anak-anak dan 18.000 rupiah untuk orang dewasa. Biaya tiket masuk ini belum termasuk tiket terusan untuk setiap zona yang ada di dalamnya.

Jika kamu yang ingin mengunjungi zona tertentu, misalnya zona PAUD yang dikhususkan bagi anak berusia 2 hingga 7 tahun, kamu harus membayar tiket masuk sebesar 3.000 rupiah, sedangkan untuk zona planetarium sebesar 15.000 rupiah per orang. Di zona lukis, kamu bisa mengikuti program lukis gerabah, cukup dengan membayar tiket terusan sebesar 13.000 rupiah dan hasil karya milik kamu nantinya bisa dibawa pulang.

Penasaran pingin liburan di jogja? pilih paket wisata jogja atau paket tour jogja pilihanmu bersama jpswisata.com