Jahe ialah salah satu jenis rempah yang biasa digunakan para ibu untuk bumbu masakan. Ada beberapa jenis jahe, salah satunya adalah jahe merah. Jahe merah memiliki kandungan minyak atsiri yang paling banyak dengan jenis jahe lainnya. Minyak itulah yang membuat jahe memiliki rasa yang pedas dan digunakan sebagai bahan dasar pembuatan obat dan jamu tradisional. Jahe merah juga beraroma sangat tajam.
jahe merah
Rimpang jahe merah berukuran kecil dengan balutan kulit berwarna merah dan menyimpan serat lebih banyak dibanding jahe biasa. Jahe merah mudah tumbuh di tempat yang terbuka ataupun tempat yang agak teduh, seperti pekarangan dan kebun. Selain itu juga bisa tumbuh di tanah kering atau gembur, dengan ketinggian mencapai 900 meter diatas permukaan laut. Dalam kegunaanya sebagai obat, jahe merah sering dikombinasikan dengan tanaman herbal lainnya. Jahe merah memiliki manfaat yang lebih besar dibanding jenis jahe lainnya. Berikut ini adalah manfaat dan khasiat jahe merah untuk kesehatan tubuh.

1. Menurunkan Berat Badan
Jahe berfungsi untuk melebarkan pembuluh darah dan menjadikannya sebagai panas tubuh. Jahe mengandung sedikit kalori yang tidak akan menyebabkan berat badan naik meskipun dikonsumsi terus menerus.

2. Menjaga Kondisi Jantung
Jika tubuh kebanyakan menyimpan kolesterol dan minyak, dimana minyak tersebut terdiri dari susunan lemak hewani dan nabati maka bisa meningkatkan resiko terkena penyakit jantung. Kandungan pada jahe bisa berperan sebagai penurun kadar trigliserida dan kolesterol yang berlebih di dalam tubuh.

3. Mengatasi Mabuk Perjalanan
Minum wedang jahe sebelum berkendaraan jauh bisa mencegah mabuk perjalanan, karena jahe bersifat anti mual. Selain itu bisa dijadikan bekal diperjalanan

4. untuk menghangatkan badan.
Mengatasi Mabuk Perjalanan
Minum wedang jahe sebelum berkendaraan jauh bisa mencegah mabuk perjalanan, karena jahe bersifat anti mual. Selain itu bisa dijadikan bekal diperjalanan untuk menghangatkan badan.

5. Mengatasi Morning Sickness
Biasanya ibu hamil akan mengalami mual pagi atau istilahnya morning sickness karena pencernaan yang terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut Anda bisa minum wedang jahe atau kopi hangat setiap kali merasakan mual di pagi hari.

6. Mencegah Kanker Usus
Salah satu penelitian di Amerika menunjukkan jika rutin mengonsumsi minuman atau makanan yang berbahan dasar jahe bisa mencegah penyakit kanker koloretal atau usus besar.

7. Mengobati Sakit kepala
Bekerja seharian bisa memicu stres yang berlebih, hal ini bisa mendatangkan penyakit lainnya. Oleh sebab itu, setelah pulang cobalah untuk menikmati secangkir wedang jahe agar otak menjadi fresh serta tubuh terasa nyaman.
8. Mengobati Alergi
Jahe juga memiliki sifat anti alergi, karena di dalamnya mengandung senyawa yang sangat efektif untuk mengurangi rasa gatal akibat alergi.

9. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Jika Anda ingin memiliki tubuh yang kebal terhadap serangan penyakit, Anda harus meningkatkan sistem dalam tubuh atau yang dikenal dengan imun. Jika imun dalam tubuh kuat, maka bakteri jahat yang akan menyerang akan dilawan. Untuk menambah sistem imun dalam tubuh, Anda bisa meminum wedang jahe secara teratur.

10 Mengobati Mual dan Masuk Angin
Masalah yang timbul pada pencernaan akan membuat perut mual dan ingin muntah, kondisi tersebut juga biasa terjadi pada seseorang yang mengalami masuk angin. Jangan langsung meminum obat warung untuk mengatasinya, tetapi cobalah dengan meminum air jahe agar lambung menjadi nyaman dan hangat.