Image result for darah tinggi
Hipertensi
 atau tekanan darah tinggi merupakan gangguan pada sistem peredaran darah yang dapat menyebabkan kenaikan tekanan darah di atas nilai normal, yaitu melebihi 140 / 90 mmHg. Hipertensi dalam bahasa inggrisnya adalah Hypertension, Hypertension berasal dari dua kata yaitu Hyper yang berarti tinggi, dan Tension yang berarti tegangan.

Gangguan yang dimaksud adalah gangguan pada sistem peredaran darah yakni kondisi kronis dimana tekanan darah pada dinding arteri meningkat. Kondisi ini dikenal sebagai “pembunuh diam-diam (Silent Killer)” karena jarang memiliki gejala yang jelas. Satu-satunya cara mengetahui apakah Anda memiliki hipertensi adalah dengan mengukur tekanan darah.

Ketika dilakukan pemeriksaan tekanan darah menghasilkan dua angka, yaitu angka yang lebih tinggi dan angka yang lebih rendah. Angka yang lebih tinggi didapat ketika jantung berkontraksi (sistolik), sedangkan angka yang lebih rendah didapatkan ketika jantung berelaksasi (diastolik). Tekanan darah dari 120 / 80 mmHg dapat diartikan sebagai tekanan darah yang normal. Ketika terjadi tekanan darah tinggi, umumnya terjadi kenaikan tekanan sistolik dan diastolik. Hipertensi umumnya terjadi ketika tekanan darah mencapai 140 / 90 mmHG atau lebih, pengukuran tekanan darah ini dilakukan pada lengan tiga kali dalam jangka beberapa minggu.

Gejala Tekanan Darah Tinggi

 Image result for gejala darah tinggi

Kebanyakan orang yang memiliki tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala, bahkan jika ternyata setelah ditensi tekanan darahnya mencapai level tinggi yang berbahaya. Meskipun begitu, beberapa orang dengan tekanan darah tinggi tahap awal mungkin mengalami :

  • Sakit kepala.
  • Wajah terlihat kemerahan.
  • Mudah lelah.
  • Pusing atau mimisan, tanda-tanda dan gejala tersebut biasanya terjadi ketika tekanan darah tinggi sudah parah – bahkan pada tahap yang mengancam jiwa.

Penyebab tekanan darah tinggi

Penyebab tekanan darah tinggi sesuai dengan jenis tekanan darah tinggi itu sendiri, ada dua jenis tekanan darah tinggi (hipertensi).

  • Hipertensi primer (esensial)

Hipertensi primer merupakan jenis hipertensi terbanyak bagi orang dewasa, disebut primer atau esensial atau idiopatik karena penyebabnya tidak diketahui dan hipertensi jenis ini cenderung terjadi secara bertahap selama bertahun-tahun.

  • Hipertensi sekunder

Pada Hipertensi sekunder ini, terjadinya tekanan darah tinggi disebabkan oleh kondisi atau penyakit yang mendasarinya. Hipertensi sekunder ini cenderung muncul tiba-tiba dan menyebabkan tekanan darah tinggi. Berbagai kondisi dan obat-obatan yang dapat menyebabkan hipertensi sekunder, diantaranya: Penyakit ginjal, Tumor kelenjar adrenal, Cacat tertentu dalam pembuluh darah sejak lahir (bawaan), Obat-obat tertentu, seperti pil KB, obat flu, penghilang rasa sakit dan beberapa resep obat-obatan terlarang, seperti kokain dan amfetamin.

 

Baca Juga : Obat Jantung Koroner

Komplikasi darah tinggi

Tekanan darah tinggi (hipertensi) apabila tidak terkontrol akan berpotensi menimbulkan komplikasi yang berbahaya. Komplikasi darah tinggi yang paling umum terjadi yaitu:

Penyakit Jantung, Stroke, Kebutaan dan Ginjal.Itulah kenapa penting sekali menurunkan darah tinggi ke taraf normal dan menjaga agar selalu normal (terkontrol), meskipun darah tinggi yang dialami seseorang itu tidak menimbulkan gejala apa-apa.

Makanan Penurun Tekanan Darah Tinggi

Ada beberapa makana alami yang dapat menurunkan tekanan darah tinggi antara lain :

Bayam, Biji Bunga Matahari, Kacang-kacangan, Pisang, Kedelai, Kentang, Avokad, Cokelat Pekat, Mentimun, Melon, Semangka.

Pencegahan dan Pengobatan Hipertensi

Jika tekanan darah Anda tinggi, pantaulah dengan ketat sampai angka tersebut turun dan bisa dikendalikan dengan baik. Dokter biasanya menyarankan perubahan pada gaya hidup yang termasuk dalam pengobatan untuk hipertensi sekaligus pencegahannya. Langkah tersebut bisa diterapkan melalui:

  • Mengonsumsi makanan sehat.
  • Mengurangi konsumsi garam dan kafein.
  • Berhenti merokok.
  • Berolahraga secara teratur.
  • Menurunkan berat badan, jika diperlukan.
  • Mengurangi konsumsi minuman keras.

Mencegah hipertensi lebih mudah dan murah dibandingkan dengan pengobatan. Karena itu, pencegahan sebaiknya dilakukan seawal mungkin. Jika didiamkan terlalu lama, hipertensi bisa memicu terjadinya komplikasi yang bahkan bisa mengancam jiwa pengidapnya.

Bagi para penderita darah tinggi yang pengobatannya perlu berbagai obat untuk dapat menurunkan tekanan darah supaya bisa kembali normal atau optimal. Konsumsi obat kimia secara terus menerus kami rasa akan kurang baik untuk kesehatan karena dikhawatirkan ada efek samping pada pemakaian obat dalam jangka waktu cukup lama. Oleh karena itu sangat disarankan untuk mencoba menggunakan obat-obat alternatif non-kimia yang bisa didapatkan dari alam.

Beberapa obat alamiah yang memiliki kandungan bisa mengurangi bahkan bisa membantu menyembuhkan penyakit hipertensi, bila dikonsumsi dengan benar serta teratur, diantaranya adalah :

Amazon Plus Obat Herbal Darah Tinggi Alami

amazonplus

Amazon Plus adalah jus ajaib yang sangat ampuh dalam mengobati penyakit darah tinggi dan jenis penyakit lainnya karena didalamnya terdapat kandungan senyawa zaitun hydroxytirosol yang terkenal dengan superstar antioksidan. Selain itu amazon plus ini dikombinasikan dengan acai berry antioksidan yang tinggi, yang disempurnakan dengan keseluruhan buah manggis ratu segala buah  yang terdiri dari kulit, daging buah dan bijinya. Dimana keseluruhan buah manggis juga memiliki kandungan xanthone antioksidan super.

 

 

 

Sumber : www.bee-moringa.com