Merawat bayi baru lahir memanglah harus diperhatikan dan tidak boleh sembarangan. Hal ini juga agar tumbuh kembang bayi nantinya bisa tumbuh dengan maksimal sesuai dengan yang kita inginkan. Melakukan perawatan bayi baru lahir di rumah pun ada batasan yang tidak boleh anda lakukan, diantaranya sebagai berikut :

Hindari Melakukan Hal Berikut Dalam Melakukan Perawatan Bayi Baru Lahir

perawatan bayi baru lahir yang baik dan benar

  • Memberikan ASI saat menangis

Sebenarnya bunda, ketika bayi anda menangis saat anda memberikan ASI maka bayi tidak bisa menelannya dengan baik. Hal ini dikarenakan posisi lidah yang tidak seperti ketika ia sedang diam. Inilah yang bisa membuat bayi tersedak dan anda tidak ingin bukan bayi anda tersedak?. Sebaiknya tunggu hingga bayi sudah tidak menangis / menangisnya tidak terlalu jerit.

  • Memandikan bayi saat sedang sakit

Memandikan bayi ketika ia sedang sakit sebenarnya tidak apa apa dilakukan. Misalnya, ketika si bayi deman para orang tua tidak memandikannya karena khawatir akan memperburuk keadaan. Hal ini merupakan suatu hal yang keliru, karena jika bayi tidak dimandikan akan menimbulkan munculnya berbagai macam kuman dan juga bakteri yang menumpuk pada tubuh bayi. Tak hanya itu, ketika memandikan pun juga harus memperhatikan produk yang dipakai berkualitas atau tidak. Gunakan produk dari Zwitsal sebagai Produk perawatan bayi baru lahir. Karena bahan nya sangat aman dan baik bagi tubuh bayi.

  • Jangan membiarkan bayi lapar

Dalam hal ini, jangan menunggu memberikan ASI ketika bayi mulai menagis. Setidaknya berikan ASI 7 – 10 kali dalam sehari setiap 4 jam sekali. Hal ini untuk mengantisipasi bayi yang lapar sesuai kebanyakan saran yang diberikan dokter.

  • Jangan membuang ASI pertama saat keluar

Maksudnya disini ialah jangan membuang ASI ketika pertama kali keluar dari payudara ibu. Banyak yang beranggapan bahwa kualitas ASI pertama tidak baik. Justru ini hal yang keliru, karena pada saat ASI pertama keluar inilah yang mempunyai kandungan protein dan kandungan gizi lainnya yang lebih baik. Jadi jangan membuang ASI pertama yaa bunda. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Referensi Artikel: https://www.zwitsal.co.id/momen-pertama/perawatan-bayi-baru-lahir-cara-membersihkan-merawat-tali-pusat