Wisata Pulau Tidung merupakan salah satu destinasi wisata yang paling digemari masyarakat Jakarta dan Sekitarnya, bahkan masyarakat dunia. Tidak jauh dari Pulau TIdung, terdapat sebuah pulau yang memiliki laguna cantik, pantai berpasir putih serta lahan datar yang sangat luas, yaitu Pulau Payung Besar. Di Pulau ini banyak spot untuk mendirikan tenda, sehingga sangat cocok bagi pengunjung yang gemar berkemah.

Secara administratif Pulau Payung Besar berlokasi di Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, Kelurahan Tidung, Kepulauan Seribu, Ibu Kota Jakarta.

Perjalanan Menuju Pulau Payung Besar

Awal perjalanan di mulai dari Jakarta menuju Muara Angke. Jika berangkat dari bilangan Jakarta Barat sebaiknya naik KWK B01 Grogol-Muara Angke.

Dari Pelabuhan Muara Angke naik kapal kayu tujuan Pulau Tidung (Sekarang juga sudah ada kapal KM Sabuk Nusantara 46). Dari sana nanti tinggal sewa ojek kapal yang bisa mengantarkan ke Pulau Payung Besar dan tempat-tempat spot untuk snorkeling.

Setiba di Pulau Payung Besar, para pengunjung yang ingin kemping tinggal mencari spot yang cocok untuk mendirikan tenda. Setelah itu, pengunjung bisa mendatangi spot-spot snorkeling yang terdapat di sekitar Pulau Payung Besar.

Keesokan harinya, pengunjung bisa mendatangi Pulau TIdung. Perjalanan dari Pulau Payung Besar memakan waktu berkisar 20 menit berlayar. Nantinya kapal bersandar di Dermaga Cinta. Diantara hal yang menarik akan disaksikan di dermaga ini adalah gerombolan ikan renyok, yang ukurannya seperti ikan teri cuma agak lebih besar. Kabarnya ikan-ikan ini bisa dimakan dan rasanya gurih.

Setiba di Pulau Tidung, pengunjung bisa singgah di Jembatan Cinta yang menjadi icon Pulau Tidung. Suasana Jembatan Cinta sangat menyenangkan. Sebab, dari atas jembatan tersebut kita bisa menyaksikan indahnya lautan yang membentang. Hal yang juga sangat menarik dari Jembatan Cinta adalah orang-orang yang mencoba sensasi meloncat dari jembatan yang tingginya kira-kira 4 meter itu. Di waktu sore, jembatan ini dipadati pengunjung yang ingin menyaksikan indahnya matahari terbenam. Di sekitar Jembatan Cinta terdapat warung yang memungkinkan bagi pengunjung untuk wisata kuliner. Semoga bermanfaat.