Game pc controller atau biasa disebut stick sebagai alat pengendali dalam video game oleh masyarakat awam identik dengan konsol game seperti playstation, xbox dan lain-lain. Namun pada platform PC ada game juga yang memberikan pilihan pada pengguna untuk menggunakan controller sebagai alternatif penganti alat pengendali konvensional PC seperti keyboard dan mouse. Bentuk input controller bisa berupa wire (kabel) dan wireless ( tanpa kabel bluetooth). Selain pengganti alternatif agar tidak bosan, penggunaan controller pada PC juga untuk kebutuhan dari game itu sendiri semua tombol pada controller telah diatur memiliki fungsi masing-masing. Beberapa game membutuhkan fleksibilitas dalam in-game untuk itu keberadaan controller dapat menutupi kekurangan pada alat konvensional (keyboard dan mouse) yang memiliki banyak tombol namun tidak semua dapat difungsikan.

Game bertema sport, petualangan dan yang lain banyak yang lebih mementingkan fleksibilitas pemain dalam in-game daripada game taktis yang butuh banyak pengaturan. Game yang populer dengan penggunaan controller contohnya sepak bola seperti edisi PES (pro evolution soccer)  FIFA  yang dimana player diharuskan memiliki fleksibilitas tinggi. Walaupun pengunaan contoller pada PC kini sudah lumrah tidak serta merta dengan menancapkan ke PC controller dapat langsung bekerja.

Dalam beberapa game seperti sepakbola biasanya tombol-tombol telah terkonfigurasi secara otomatis. Beberapa game tertentu pemain perlu mengatur tata letak tombol secara manual untuk dapat mengontrol karakter dalam permainan, contohnya seperti game bertema petulangan bergenre RPG, hack and slash, duel, perlu dilakukan pengaturan tata letak tombol/mapping key terlebih dahulu. Ada dua jenis controller yang bisa dipakai untuk dipasangkan dengan PC. Pertama adalah usb contoller yg khusus diperuntukkan untuk penggunaan PC. Kedua controller original dari konsol playstation ataupun xbox. Untuk controller yg memiliki kabel diperlukan alat tambahan agar dapat dikonversi ke PC. Alat ini bernama “USB controller converter” bisa didapatkan dengan membeli di toko computer atau gaming store. Yang kedua controller wireless atau tanpa kabel cukup dihubungkan dengan bluetooth antara controller dan PC untuk bisa bermain.  www.dadumaster.com situs games dadu online yang menyediakan game  dadu kocok / dadu koprok dan bola gelinding. Situs ini menyediakan berbagai permainan dadu kopyok. Semua game dadu disediakan dengan live streaming dealer casino yang cantik-cantik dari asia. Segera daftar di dadumaster dan menangkan setiap dadu yang anda mainkan.