Bila kamu ingin berwisata bersama keluarga ke kampung halaman, menyewa mobil merupakan opsi yang pas. Tetapi dalam menyewa mobil tidak boleh asal-asalan, ada berbagai trik dalam menyewa mobil yang perlu dilakukan. Pasti sangat melelahkan jika kita pergi ke kampung halaman dengan memakai kendaraan sendiri. Oleh karena itulah sebagian orang memakai jasa trasportasi umum lalu menyewa mobil di kampung halaman mereka. Dalam menyewa mobil kamu harus memperhatikan beberapa hal yakni reputasi penyewaan mobil sampai “lepas kunci”. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum menyewa mobil.

Kunjungi saja bali driver untuk melakukan lembongan island tour dan Kintamani volcano tour

1.    Carilah rental mobil yang telah terpercaya

Telah banyak orang yang kena tipu ketika menyewa mobil seperti tambahan biaya yang tidak sesuai dimana dikenakan jika kelebihan waktu sewa. Bukan cuma itu, ada juga yang diminta untuk membenahi kerusakan pada mobil padahal tidak kita yang melakukannya. Dari alasan tersebut maka kita perlu memilih rental mobil yang sudah terbukti jujur. Untuk rental mobil yang terpercaya umumnya memiliki situs sendiri. Kamu juga dapat bertanya dengan sahabat yang tinggal di kota yang bersangkutan untuk dapat memberikan masukkan kepada kamu.

2.    Pesanlah mobil yang kamu inginkan jauh-jauh hari.

Kamu harus memesan mobil jauh-jauh hari karena pada musim liburan tentu akan banyak rental mobil yang diincar para wisatawan. Bila kita tidak melakukan hal ini maka kemungkinan biaya sewa akan semakin tinggi serta pilihan mobil pun akan semakin sedikit.

3.    Kamu perlu mengetahui kisaran harga sewa

Amat penting bagi kamu mengetahui kisaran harga sewa mobil. Tentu akan berbeda harga antara harga sewa di kota besar dengan kota kecil.

4.    Perhatikan waktu penyewaan mobil

Setiap daerah mempunyai waktu penyewaan mobil yang berbeda-beda. Misalkan di Yogyakarta ialah 12 jam sedangkan di Bali adalah 10 jam. Jadi pastikan kamu mengembalikan mobil sebelum waktu penyewaan mobil kamu berakhir.

5.    Lepas Kunci atau Tidak

Ketika menyewa mobil kamu akan ditawarkan opsi apakah kamu ingin lepas kunci atau tidak. Maksudnya kamu mau menyetir sendiri atau ingin memakai jasa supir. Lepas kunci dipilih jika kamu ingin harga yang lebih terjangkau tetapi jasa supir dipilih jika kamu belum mengetahui daerah tersebut.

6.    Selalu cek kondisi mobil

Kamu harus mengecek mobil apakah ada cacat atau tidak sebelum membawa pergi kendaraan tersebut. Jika ada kamu dapat melaporkannya kepada petugas penyewaan.

7.    Bayar di muka

Ada beberapa jasa penyewaan mobil yang menawarkan opsi bayar dimuka. Kelebihan bayar di muka ini yakni biasanya jasa penyewaan mobil akan memberikan diskon. Namun kamu harus pastikan lagi bahwa mereka akan mengembalikan uang kamu bila terjadi pembatalan.

8.    Bensin mobil

perhatikan apakah mobil yang akan kamu sewa harganya sudah termasuk bensin atau tidak. Hal ini dilakukan supaya kamu tidak rugi membayar mobil yang sepatutnya termasuk bensin namun mobil yang kamu sewa justru tidak terisi bensin.