Tanggalnya adalah tanggal 12 November 1892, satu hari yang akan selamanya terukir dalam sejarah olahraga, walaupun tidak ada yang terlibat hari itu prediksi bola hari ini yang mungkin bisa mengenali pentingnya acara ini. Pada hari itulah tim sepak bola Allegheny Athletic Association mengalahkan Pittsburgh Athletic Club. Pertandingan itu sendiri bukanlah peristiwa penting. Tapi salah satu situasi permainan membuatnya menjadi momen yang tak terlupakan dalam sejarah olahraga – salah satu pemain AAA, William (Pudge) Heffelfinger, secara terbuka membayar $ 500 untuk bermain game. Dengan demikian sepak bola pro memulai debutnya lebih dari 100 tahun yang lalu di lingkungan yang relatif tidak jelas yang mungkin tidak mungkin memberi petunjuk sedikit pun pada popularitas di seluruh dunia bahwa olahraga prediksi bola malam ini itu akan ditakdirkan untuk dinikmati, terutama pada dekade pertama abad pertama sepak bola pro.
Sementara PAC telah menduga ada sesuatu yang ilegal sedang terjadi, tidak ada bukti segera untuk mendukung keyakinannya bahwa AAA telah meninggalkan praktik standar hari itu dengan benar-benar membayar seseorang untuk bermain sepak bola. Verifikasi mutlak, sebenarnya, tidak menjadi publik selama hampir 80 tahun sampai Hall of Fame Sepak Bola Pro diterima dan menampilkan sebuah dokumen – lembar akuntansi biaya Asosiasi Atletik Allegheny yang secara jelas menunjukkan “bonus kinerja permainan kepada W. Heffelfinger untuk bermain (uang tunai) $ 500. Meskipun ada kemungkinan orang lain dibayar sebelum 1892, lembar biaya AAA memberikan bukti pembayaran uang tunai yang tidak terbantahkan yang pertama. Hal ini secara tepat disebut hari ini sebagai “akte kelahiran pro sepak bola. ”

Olahraga sepak bola Amerika sendiri relatif baru pada tahun 1892. Akarnya berasal dari dua olahraga, sepak bola dan rugby, yang telah menikmati popularitas lama di banyak negara di dunia. Pada tanggal 6 November 1869, Rutgers dan Princeton memainkan apa yang disebut sebagai pertandingan sepak bola perguruan tinggi pertama. Namun, baru pada tahun 1880-an pemain rugby besar dari Yale, Walter Camp, mempelopori perubahan peraturan yang secara perlahan mengubah rugby menjadi game baru American Football.

Sementara itu, klub atletik yang mensponsori berbagai macam tim olahraga menjadi fenomena populer di Amerika Serikat di tahun-tahun setelah Perang Saudara. Salah satu olahraga klub atletik yang dipeluk adalah sepak bola.

Pada tahun 1880-an, kebanyakan klub atletik memiliki tim sepak bola. Kompetisi pun memanas dan masing-masing klub bersumpah untuk membukukan timnya dengan pemain terbaik yang ada. Menjelang akhir ini, beberapa klub memperoleh pekerjaan untuk pemain bintang. Yang lain “memberi” piala atau jam tangan mahal kepada pemain mereka, yang pada gilirannya akan menggadaikan penghargaan mereka, hanya untuk menerima mereka lagi dan lagi setelah setiap pertandingan yang mereka mainkan. Praktik populer adalah menawarkan uang biaya ganda kepada pemain untuk layanan mereka. Karena pemain sepak bola dianggap amatir, praktik ini dipertanyakan oleh Serikat Atletik Amatir tapi untuk setiap taktik yang dinyatakan ilegal, yang baru dikembangkan.

Dengan demikian, adegan itu ditetapkan untuk pertarungan AAA-PAC. Tindakan sebelumnya, selama dan setelah pertandingan sama menariknya dengan fakta bahwa seseorang dibayar secara terbuka untuk bermain sepak bola untuk pertama kalinya. Tim sepak bola Allegheny, yang didirikan pada tahun 1890, dan tim Pittsburgh, yang didirikan setahun kemudian, sudah menjadi saingan berat saat mereka bertemu di dua pertandingan pertama di musim 1892 dan berakhir dalam dasi 6-6. Menambahkan bahan bakar ke api adalah klaim AAA bahwa pemain top PAC dan pelatihnya, William Kirschner, adalah seorang profesional karena, sebagai instruktur berbayar untuk PAC, gajinya naik dan karyanya turun selama musim sepak bola. Dengan kontroversi mengamuk, kedua belah pihak mulai mengeksplorasi metode untuk memperkuat regu mereka.