Mungkin dengan mudah akan menemukan kalkulator masa subur namun sebagian besar untuk siklus menstruasi yang teratur, tapi adakah kalkulator masa subur tidak teratur. Sebelum beranjak pada kalkulator masa subur tidak teratur, ada baiknya anda mengetahui alasan terjadina siklus tidak teratur. Siklus tidak terartur merupakan situasi terganggunya siklus haid bisa berjalan lebih lambat, lebih cepat, atau bahkan tidak sama sekali.

Pada siklus menstruasi teratur rentang waktu yang dibutuhkan untuk menstruasi berikutnya adalah 28-36 hari dan berlangsung sebanyak 11-13 kali dalam setahun. Namun untuk siklus mentruasi tidak teratur akan terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari. Selain itu bagi anda yang memiliki lama menstruasi berubah-ubah pada tiap bulannya dan volume darah yang tidak sama, terkadang sedikit dan terkadang banyak bisa dikelompokan sebagai mentruasi tidak lancar.

Penyebab terjadinya menstruasi tidak teratur ada berbagai macam. Mungkin karena anda sudah memasuki masa menopouse, memiliki peluang kehamilan, alat kontrasepsi yang tidak cocok, pola hidup sehari-hari (seperti melakukan olahraga berlebihan, berat badan berlebih atau obesitas, dan mengalami stres), mengalami sindrom ovarium polikistik (PCOS), dan adanya gangguan pada tiroid. Untuk mengatasi menstruasi tidak teratur ini, pertama anda harus mengetahui penyebabnya.

Setelah mengetahui penyebab mentruasi tidak teratur, anda pasti akan mempertanyakan lalu bagaimana menghitung masa suburnya. Sedikit berbeda dengan wanita yang memiliki siklus mestruasi teratur, untuk menghitung pada siklus tidak teratur anda diharuskan mengingat dan mencatat siklus haid anda 6 bulan kebelakang. Lalu perhitungkan rentang terpanjang, misalnya 38 kurangi 11 maka hasilnya 27 kemudian hitung rentang terpendek, misal 26 kurangi 18 hasilnya adalah 8. Hal tersebut dapat diartikan masa subur anda terjadi pada rentang hari ke 8 hingga ke 20 dihitung dari hari pertama haid sebelumnya. Apakah anda masih merasa bingung? Jangan khawatir tespek.com punya solusi mudah untuk menghitungnya. Dengan hanya berbekal jaringan internet, anda bisa menggunakan kalkulator masa subur tidak teratur yang sangat mudah penggunaannya.