Harga cetok bangunan memiliki harga yang bisa dibilang terjangkau. Jika anda membaca tentang kata cetok bangunan , mungkin yang muncul difikiran anda ialah sebuah alat yang terbuat dari kayu. Sebelum mempelajari lebih dalam, anda wajib mengetahui apa yang dimaksud dengan cetok bangunan itu sendiri. Cetok bangunan adalah suatu alat yang digunakan untuk meletakkan adonan pasir yang sebelumnya dicampur dengan semen dan kapur dan juga memiliki fungsi yang lain. Cetok bangunan memiliki bentuk yang cukup beragam. Pada setiap bentuknya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Bukan hanya bentuknya saja yang beragam, ukurannya juga bervariasi. Ukuran cetok bangunan sendiri seperti cetok berukuran pendek, sedang, agak panjang dan panjang. Cetok pada umumnya pada masyarakat masih banyak yang terbuat dari bahan yang sederhana (tradisonal). Cetok bangunan biasanya dibuat masnyarakat dari kayu dan besi, serta terdapat pula yang terbuat gabungan besi bagian depan dan pada bagian belakang terbuat dari kayu.

 

Cetok bangunan merupakan alat bangunan yang wajib ada ketika seseorang sedang membuat atau membangun suatu bangunan. Harga cetok juga sangat murah karena termasuk harga bangunan yang sangat terjangkau, tergantung dari bentuk, panjang, dan terbuat dari bahan apa. Cetok yang terbuat dari kayu biasanya memiliki harga yang cukup murah dan tergantung dari ukurannya. Semakin besar dan panjang membuat harganya pun lebih mahal. Jika cetok bangunan yang terbuat dari besi biasanya lebih mahal jika dibandingkan dengan harga cetok bangunan yang terbuat dari kayu. Cetok yang terbuat dari kayu biasanya menggunakan bahan kayu yang sudah tidak dipakai lagi.

Hal ini pun juga menjadi alasan kenapa cetok bangunan ini lebiah murah jika dibandingkan dengan cetok yang terbuat dari besi. Dalam membangun suatu bangunan para kontraktor pun juga memakai cetok dalam pembangunannya. Cetok seakan sebuah benda yang sangat penting dan harus ada. Jika tidak ada biasanya para pekerja merasa kebingungan untuk mencampur dan meletakkan adonan pasir. Selain sebagai pencampur, cetok banngunan biasanya juga dipakai oleh pekerja untuk membentuk tembok dan juga untuk menghaluskan permukaan tembok. Sebelum ditemukannya alat pencampur semen dan pasir biasanya para pekerja menggunakan cetok untuk membuat bangunan.