Seseorang yang suka mengakses internet, biasanya mencari akses Wi-Fi ketika berada di tempat umum. Diakui, sekarang Anda tidak hanya bisa mendapatkan Wi-Fi gratis di kantor, tetapi juga di tempat umum. Di satu sisi, Wi-Fi publik tidak selalu aman.

Baca juga : Jasa Backlink dan Jasa Backlink PBN

Plus, tidak semuanya berkualitas baik. Sebagian dari kita akan lebih baik tergantung pada kuota data pada nomor ponsel untuk digunakan. Ini bisa dilakukan dengan penambatan.

Konektivitas adalah proses menghubungkan internet dari perangkat smartphone ke perangkat lain. Fitur penambatan umumnya ada di hampir semua ponsel pintar saat ini. Metrotvnews.com telah membuat panduan untuk Anda yang hanya akan mencoba fitur ini.

1. Buka menu Pengaturan
Untuk mengakses menu tethering sebenarnya dapat diaktifkan melalui menu layar utama yang muncul jika Anda menggesek jari Anda dari atas layar ke bawah tetapi Anda juga harus memahami pengaturan.

Pertama, Anda harus pergi ke menu Pengaturan atau ‘pengaturan’. Pada halaman pertama dari menu Pengaturan, Anda biasanya akan melihat bidang pengaturan jaringan atau ‘data seluler’.
Di bagian ini, cari menu berlabel ‘tethering & portable hotspot’. Beberapa smartphone mungkin lokasi yang sedikit berbeda tetapi umumnya menu tulisan akan sama.

2. Aktifkan fitur tethering di halaman Tethering & Portable Hotspot
Untuk mengaktifkan fitur tethering biasanya akan ada slot yang digunakan untuk mengaktifkan fitur tethering. Anda tidak perlu bingung dengan istilah-istilah seperti ‘Hotspot WLAN’, mobile hotspot ‘karena sebenarnya itu hanya istilah yang berbeda untuk fitur tethering.

Di halaman ini Anda akan melihat informasi singkat, seperti nama penambatan perangkat Anda yang akan dibaca pada koneksi Wi-Fi yang tersedia, serta batas kuota data yang dapat digunakan untuk penarikan.

Namun, ada hal-hal yang perlu diingat sebelum mengaktifkan fitur tethering, yaitu mengkonfigurasi terlebih dahulu.

3. Setel tethering
Konfigurasi fitur penarikan biasanya tersedia di halaman untuk mengaktifkan fitur tethering. Anda perlu melakukan proses konfigurasi terlebih dahulu. Dengan membuat koneksi internet Anda terlihat oleh perangkat lain, itu berarti Anda membuka celah masuk ke perangkat.

Biasanya dalam konfigurasi akan tersedia fitur untuk mengaktifkan enkripsi atau sistem keamanan. Singkatnya, Anda perlu memberikan kunci kepada siapa saja yang ingin terhubung dengan koneksi dari ponsel cerdas Anda.

Pilih enkripsi jenis WPA2-PSK. Enkripsi ini akan meminta Anda untuk mengisi bidang kata sandi yang akan berguna sebagai kata kunci yang akan diminta oleh ponsel cerdas bagi siapa saja yang ingin terhubung dengan tethering.

Jadi Anda masih dapat menikmati koneksi internet di perangkat apa pun melalui ponsel cerdas Anda yang pasti jauh lebih aman daripada koneksi Wi-Fi gratis.