Menentukan anggaran adalah yang wajib dilakukan sebelum melakukan sebuah acara. Anggaran ini dibuat agar dana yang dikeluarkan nantinya bisa lebih teratur dan menghindari terjadinya pembengkakan dana. Anggaran juga dapat digunakan sebagai acuan sebarapa banyak dana yang diperlukan dalam sebuah acara. Setiap bagian dalam acara memiliki anggarannya sendiri, seperti konsumsi, dekorasi, gedung, salah satunya seminar kit yang dapat dibeli di PT ECODOE – Bisnis Souvenir No 1. Inilah cara menentukan anggaran paket seminar kit jakarta:

  • Tentukan jumlah tamu

Tentukan jumlah peserta yang akan datang pada acara tersebut. Setelah itu sesuaikan jumlah seminar kit dengan jumlah tamu. Sebaiknya lebihkan beberapa agar tidak ada kekurangan ketika acara berlangsung. Sering kali tamu yang datang melebihi jumlah perkiraan, sehingga melebihkan jumlahnya bisa membantu untuk menghindari kehabisan seminar kit.

  • Tentukan jumlah nara sumber

Nara sumber dalam seminar biasanya juga diberikan seminar kit sendiri. Seminar kit untuk nara sumber ini berbeda dengan milik peserta karena lebih mahal. Sehingga dalam menentukan anggaran, hitunglah seminar kit nara sumber juga.

  • Sesuaikan jenis seminar kit dengan tema seminar

Sesuaikan seminar kit yang dipilih dengan tema seminar. Hal ini bisa membantu untuk mengira-ira anggaran yang diperlukan dengan memperkirakan seminar kit apa yang dibutuhkan. Panitia dalam memperkirakannya dengan melihat tema seminar yang diangkat.

  • Pilihlah jenis seminar kit yang sesuai dengan tamu profesi peserta

Agar seminar kit tidak terbuang sia-sia, selain berdasarkan tema seminar, pilihlah isi seminar kit yang sesuai kebutuhan peserta. Panitia dapat memperkirakan sesuai dengan apa saja profesi peserta. Misalnya jika sebagian besar peserta adalah pelajar maka seminar kit yang diperlukan adalah alat tulis. Kemudian panitia dapat melakukan anggaran berapa kira-kira harga alat tulis dan apa saja jenisnya.

Anggaran seminar kit bisa menjadi lebih besar ataupun lebih kecil dari pada anggaran lainnya. Semua tergantung jenis barang yang dipilih. Maka penentuan barang akan sangat berpengaruh pada anggaran. Selain itu, agar bisa mendapatkan anggaran yang tepat, sebaiknya lakukan dahulu survey pasar untuk memastikan berapa harga per barangnya.