Penggunaan clenbuterol efek samping bagi pengguna yang sama sekali belum mengetahui dampaknya secara keseluruhan memang sebuah keharusan. Pengobatan untuk keluhan pasien yang dialami ini memang harus dilakukan dengan benar. Seperti kebanyakan pengobatan dengan menggunakan pengobatan kimia memang cenderung memiliki efek samping atau bahkan reaksi yang saling berkaitan dengan cara kerja obat tersebut. Masing-masing jenis obat yang diberikan dan juga dikonsumsi ketika menderita penyakit memang tidak bisa dikatakan tanpa efek samping. Bahkan jika obat tersebut adalah obat resep khusus dari dokter sekalipun masih memiliki efek samping jika cara mengkonsumsinya kurang tepat. Sehingga setiap kali pasien berobat ke dokter sebisa mungkin memberikan informasi selengkap mungkin kepada tim medis.

Seperti misalnya penggunaan obat golongan ini bersamaan dengan golongan obat kortikosteroid yang akan memberikan efek pada resiko aritimia. Bukan itu saja penggunaan bersama dengan obat herbal sekalipun membuat kinerja obat menjadi kurang maksimal.  Termasuk jika anda sedang mengkonsumsi obat untuk hipertensi, penyakit jantung atau obat stroke, maka sebisa mungkin anda sampaikan. Sebab dokter  tidak akan memberikan terapi pengobatan dengan menggunakan jenis obat golongan ini. Obat ini akan memberikan efek samping yang bertolak belakang dengan obat yang sedang dikonsumsi. Mungkin banyak yang beranggapan bahwa penggunaan obat semacam ini aman jika dikonsumsi bersamaan dengan obat jantung, stroke dan juga obat lainnya. Akan tetapi anggapan seperti ini sangat keliru mengingat bahwa obat golongan ini beresiko memiliki efek atau reaksi yang saling bertolak belakang dengan obat yang sedang anda konsumsi.

Golongan obat Clenbuterol memang memiliki potensi untuk berinteraksi dengan golongan obat yang lainnya jika dikonsumsi secara bersamaan. Bahkan interaksinya bisa saja menjadi berlebihan. Hal-hal semacam inilah yang sebaiknya anda hindari. Pengecekan secara berkala juga seharusnya anda lakukan kepada tim medis. Sehingga apabila terjadi reaksi alergi dengan golongan obat ini maka penggunaan obat akan direkomendasikan untuk dihentikan saja. Menghindari resiko efek samping karena terapi yang double-double memang harus dilakukan untuk memastikan bahwa resiko tersebut harus dihindari begitu saja ketika anda mengalami keluhan sesak nafas.