Siapa yg tak mau pintar? Kecerdasan merupakan fitur yg menunjukkan bahwa kegunaaan otak kita.
Tentunya Kalian tak mau, apabila Kalian bersama teman, jadi seseorang bercanda, “Jadi IQ Kalian tak jongkok, bro.” Tentu saja kata-kata ini sangat tak menyenangkan, meskipun tujuannya hanya bercanda.
Kabar baiknya merupakan kecerdasan IQ mampu dicoba. Artinya, kita mampu memberi rangsangan alias latihan ke otak, jadi kinerjanya akan meningkat. Dengan kinerja otak yg lebih baik, Kalian akan menemukan bahwa IQ, fokus, serta keterampilan kreatif akan meningkat juga.
Berikut berbagai latihan yg mampu menambah kekuatan otak serta IQ.

Baca juga : IELTS Writing Task 2, IELTS Vocabulary, IELTS Essay

1. Tulis
Salah satu tutorial untuk menambah kecerdasan merupakan menulis. Dr. Jamie Schwandt pada website web Lifehack menyatakan, dengan menulis alias membikin blog mengenai topik baru, dirinya memaksa otak untuk membangun konsep. Dia kemudian mengumpulkan konsep serta menulisnya.
Kiat dari Jamie, tulis konten yg Kalian sukai, masukkan jauh ke dalam konsep. Jika Kalian mempublikasikan goresan pena Kalian di blog, perhatikan bagaimana umpan balik dari pembaca. Menerima umpan balik dari pembaca juga mampu menunjukkan sensasi yg menyenangkan.

2. Pelatihan fisik
Latihan fisik tak hanya baik untuk kesehatan tubuh, melainkan juga menambah kekuatan otak. Neurogenesis merupakan kelahiran neuron baru di otak kita. Meskipun olahraga menambah tingkat neurotropik otak yg mendukung neurogenesis.
Tip: Mulailah berolahraga dengan cara teratur. Ubah pola makan Anda. Kurangi konsumsi gula serta penuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

3. Membaca cepat
Coba cari teknik menyimak buku dengan cepat. Kemudian berlatih.
Teknik ini tergantung pada kecepatan mata. Manfaatnya, akan membikin otak kita dilatih untuk mengingat hal-hal yg dibaca memakai pikiran bawah sadar.
Setelah berakhir membaca, cobalah membikin resume pendek mengenai isi buku. Misalnya, mengapa para penulis berdebat mengenai topik itu? Secara umum, apa yg dikatakan buku itu?

4. Belajar bahasa asing
Mempelajari bahasa baru merupakan salah satu tutorial paling manjur untuk menambah kecerdasan serta performa kognitif Anda, khususnya tahap otak yg bertujuan sebagai memori peringatan.

5. Memainkan alat musik
Jangan meremehkan kegunaaan bermain musik. Ternyata tak hanya mengangkat kualitas hiburan, bermain musik juga merupakan tutorial manjur untuk menambah kecerdasan.
Otak kita bukanlah benda mati. Dia mampu tumbuh apabila dirinya semakin diasah. Masalahnya adalah, kita hanya ingin mencoba alias tidak.